Panduan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan Sarjana Pendidikan
Artikel tutorial - Kategori Serba serbi Pendidikan Tinggi | Diposting pada : 2017-12-05 -|- 03:32:pm
Share this article on

Program pengadaan guru yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) meliputi pendidikan akademik atau Program Sarjana Pendidikan dan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Untuk memperkuat jati diri calon pendidik dan untuk membentuk kesiapan sebagai calon pendidik, maka mahasiswa Program Sarjana Pendidikan diberikan program pemagangan di sekolah yang disebut dengan Pengenalan Lapangan Persekolahan. Pengenalan Lapangan Persekolahan yang selanjutnya disingkat PLP adalah proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.


Untuk memberikan acuan kepada LPTK dalam mengimplementasikan Standar Pendidikan Guru khususnya tentang PLP diperlukan Panduan Penyelenggaraaan PLP. Oleh karena itu, Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyusun Panduan Program PLP yang dapat digunakan sebagai acuan bagi LPTK untuk menyelenggarakan program PLP.


Implikasi dari berbagai peraturan perundangan yang terkait dengan guru dan pendidikan, hal yang paling mendasar adalah perubahan, pengembangan, dan penyesuaian adalah kurikulum untuk penyiapan guru profesional, khususnya kurikulum pendidikan Program Sarjana Pendidikan. Kurikulum pendidikan Program Sarjana Pendidikan yang bermutu, akan menghasilkan lulusan calon pendidik yang bermutu. Calon pendidik yang bermutu akan dapat mengikuti Program PPG dengan baik, dan akhirnya akan dihasilkan luaran sebagai guru profesional.


Menyikapi berbagai perundangan di atas, maka model pengembangan kurikulum pendidikan guru dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip berikut.


Pertama, keutuhan penguasaan kompetensi yang terkait dengan akademik kependidikan dan akademik bidang studi. Dan jika memungkinkan keutuhan untuk pendidikan akademik dan pendidikan profesi, mulai dari perekrutan, pendidikan akademik, dan pendidikan profesi. Namun jika tidak memungkinkan terintegrasi antara pendidikan akademik dan pendidikan profesi, maka keutuhan antara akademik kependidikan dan akademik bidang studi adalah mutlak.


Kedua, Keterkaitan mengajar dan belajar. Prinsip ini menunjukkan bahwa bagaimana cara guru mengajar harus didasarkan pada pemahaman tentang bagaimana peserta didik sebenarnya belajar dalam lingkungannya. Dengan demikian penguasaan teori, metode, strategi pembelajaran yang mendidik dalam perkuliahan di kelas harus dikaitkan dan dipadukan dengan bagaimana peserta didik belajar di sekolah dengan segenap latar belakang sosial-kulturalnya. Oleh karena itu, pada struktur kurikulum pendidikan akademik untuk calon guru harus menempatkan pemajanan awal (early exposure), yaitu pemberian pengalaman sedini mungkin kepada PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP). Calon guru dengan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) atau internship di sekolah mitra secara berjenjang.


Ketiga, adanya koherensi antar konten kurikulum. Koherensi mengandung arti keterpaduan (integrated), keterkaitan (connectedness), dan relevansi (relevance). Koherensi dalam konten kurikulum pendidikan guru bermakna adanya keterkaitan di antara kelompok matakuliah bidang studi (content knowledge), kelompok matakuliah yang berkaitan dengan pengetahuan tentang metode pembelajaran secara umum (general pedagogical knowledge) yang berlaku untuk semua bidang studi tertentu (content specific pedagogical knowledge), pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan kurikulum (curricular knowledge), pengetahuan dan keterampilan dalam pemilihan dan pengembangan alat penilaian (assesment and evaluation), pengetahuan tentang konteks pendidikan (knowledge of educational context), serta didukung dengan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran (information technology). Selain koherensi internal, kurikulum untuk Program Sarjana Pendidikan harus memperhatikan pula keterkaitan antar konten, baik pedagogi umum, pedagogi khusus maupun konten matakuliah keahlian dan keterampilan dengan realitas pembelajaran di kelas sehingga terbangun keterkaitan kurikulum program studi dengan kebutuhan akan pembelajaran di kelas atau sekolah (university-school curriculum linkage).


Untuk versi lengkap Panduan PPLP silahkan unduh disini

Agenda Terbaru
Statistik Pengunjung
  • Dikunjungi oleh : 171983 user
  • IP address : 54.167.216.239
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Counter :
  • LINK TERKAIT
    Polling Bulan Ini

    Apakah tampilan website ini menarik?

    Cukup Bagus
    Sangat Bagus
    Tidak Tahu
    Cukup
    Kurang

    Lihat Hasil Polling
    Berita Kemahasiswaan

    Himatika STKIP PGRI berkunjung ke Panti Asuhan Masyitoh Lubuklinggau

    2018-05-21 - 08:47:am | Kategori Kemahasiswaan | oleh albert

    Humas/ICT: Pada hari Kamis 10 Mei 2018 Pengurus Himpunan Mahasiswa Matematika STKIP PGRI Lubuklinggau denga.....Baca Selanjutnya

    21 Mahasiswa Pendidikan MIPA Ikuti Olimpiade Nasional

    2018-03-19 - 05:07:pm | Kategori Kemahasiswaan | oleh stkip

    LUBUKLINGGAU - Sebanyak 21 mahasiswa pendidikan MIPA STKIP-PGRI Lubuklinggau mengikuti Olimpiade Nasional y.....Baca Selanjutnya

    Berita Kegiatan

    PANWASLU Goes To Campus

    2018-05-22 - 08:29:am | Kategori Kegiatan | oleh stkip

    Lubuklinggau - Pada Sabtu, 19 Mei 2018 Ratusan Mahasiswa yang ada di Kota Lubuklinggau berkumpul di Aula Em.....Baca Selanjutnya

    Pagelaran Seni Mahasiswa Prodi PGSD STKIP PGRI

    2018-05-21 - 09:22:am | Kategori Kegiatan | oleh albert

    Humas/ICT: bertempat di Aula Embun Semibar Senin 14 Mei 2018, mahasiswa program studi PGSD.....Baca Selanjutnya

    Berita Akademik

    Kepengurusan HMJ dan UKM Resmi Dilantik

    2018-05-22 - 08:11:am | Kategori Akademik | oleh stkip

    Lubuklinggau - Pada Jumat, 18 Mei 2018 Ketua STKIP-PGRI Lubuklinggau melantik kepengurusan organisasi kemah.....Baca Selanjutnya

    Uang Bangunan STKIP-PGRI Lubuklinggau Kini Gratis

    2018-02-22 - 05:46:pm | Kategori Akademik | oleh stkip

    LUBUKLINGGAU - Sejak tahun 2018 ini, STKIP-PGRI Lubuklinggau semakin memberikan kemudahan b.....Baca Selanjutnya

    Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Persatuan Guru Republik Indonesia | STKIP-PGRI Lubuklinggau
    Jl. Mayor Toha Kota Lubuklinggau - Sumatera Selatan
    Telp: 0733- fax :0733- email : info@stkippgri-lubuklinggau.ac.id